PHONE : 081223778980 / FAX : 081223778980 admin@value.id WORKS : JUM 08.00-17.00 WIB :

PENYEBAB TARIKAN MOBIL JADI BERAT DAN TIPS OTOMOTIF CARA MENGATASINYA

Sumber gambar: moladin

Tips Otomotif

PENYEBAB TARIKAN MOBIL JADI BERAT DAN TIPS OTOMOTIF CARA MENGATASINYA

meta description;

Anda memiliki mobil pribadi untuk beraktivitas. Penting untuk anda tahu tips otomotif terkait cara mengatasi jika tarikan mobil menjadi berat. KLIK DISINI!

Tips otomotif – Seperti yang kita tahu bukan, kendaraan yang kita gunakan dalam berbagai aktivitas ini memang sudah cukup beragam. Ada mobil, sepeda, motor, becak, bis, truck dan lain – lain. Namun pada artikel ini kita akan membahas soal kendaraan mobil. Untuk mobil ini merupakan salah satu kendaraan yang menjadi pilihan oleh sebagian besar orang. Bahkan bukan karena lebih nyaman, akan tetapi mobil juga membuat pengemudinya jauh lebih aman. Bagaimana tidak, karena kendaraan mobil ini sendiri telah dilengkapi dengan beberapa alat keselamatan bagi pengendara nya. Bagi anda yang memang sudah memutuskan untuk membeli mobil.  Maka anda sudah pasti harus bertanggung jawab untuk selalu merawatnya bukan. Nah, salah satu bukti dari tanggung jawab yang anda dapatkan dengan menggunakan mobil ini adalah dengan rutin melakukan perawatan bukan.  Nah, dengan melakukan tips otomotif terkait perawatan yang baik. Sudah pasti akan membuat mobil yang anda miliki ini aman untuk dikendarai untuk berbagai situasi jalanan bukan. Nyatanya dengan melakukan rutin tips otomotif terkait merawat mobil ini juga membuat anda merasakan banyak sekali keuntungan. Salah satu keuntungan terbesar dan rutin dalam melakukan perawatan pada mobil ini. Sudah pasti akan meningkatkan keselamatan kendaraan anda. Perawatan yang baik ini juga akan membuat mobil terhindar dari berbagai kerusakan yang tidak perlu.

Inilah Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat Saat Berkendara Menurut Pakar Tips Otomotif

Tips otomotif dengan melakukan perawatan yang baik, maka mobil anda ini pun akan terhindar dari berbagai kerusakan yang memang tidak perlu. Selain itu dengan merawat serta mengecek kondisi mobil ini juga mampu membantu anda ini sedikit berhemat. Karena memang pasalnya, segala kebutuhan komponen kecil yang rusak akan teratasi sebelum menjalar ke berbagai komponen utama lain pada kendaraan. Menerapkan tips otomotif dengan melakukan servis rutin ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik mobil. Alasan yang cukup mendasari sebenarnya adalah demi keselamatan anda, teman, keluarga dan siapa saja yang naik di dalam mobil anda. Terutama pada saat terjadi kecelakaan tidak jarang diakibatkan oleh mobil yang juga tidak rutin melakukan servis. Sistem pengereman ini, kurangnya oli mesin, karet, serta kaca yang sudah rusak. Hal ini memang agak terdengar sepele bukan. Namun nyatanya hal ini telah menjadi penyebab utama pada sering terjadinya kecelakaan secara serius. Mungkin saat berkendara anda juga pernah merasakan tarikan mobil yang cukup berat. Hal ini pastinya akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengendaranya bukan. Hal ini menyebabkan laju mobil ini pun menjadi sangat pelan. Ditemukan beberapa penyebab tarikan mobil terasa berat sehingga dapat mengganggu aktivitas anda. Berikut penyebabnya menurut pakar tips otomotif diantaranya:

  1. Ac bermasalah

Faktanya Ac ini ternyata juga dapat bermasalah sehingga dapat membuat tarikan mobil ini pun terasa berat. Namun jika sudah ada masalah dari sisi sirkulasi AC. Atau disebabkan karena tersumbat sudah pasti mesin mobil ini pun akan terasa berat.  Nah, biasanya masalah ini pun di tandai dengan suhu Ac yang tidak se dingin biasanya. Menurut tips otomotif hal ini adalah penyebab tarikan mobil terasa berat.

 

  1. Catalytic converter mampet

Penyebab kedua menurut tips otomotif adalah catalytic converter mampet. Gas buang yang memang memiliki sifat beracun ini ternyata dapat diubah menjadi tidak polutan. Yakni dengan menggunakan catalytic converter. Dimana komponen ini pun bisa menyerap gas polutan dari hasil pembakaran mesin. Sehingga yang keluar dari knalpot ini akan jauh lebih ramah lingkungan. Akan tetapi jika jarang di ganti, menurut pakar tips otomotif ini maka polutan yang telah terserap menjadi kerak. Sehingga lama kelamaan akan menutup rongga katalis. Sehingga gas buang ini pasti menjadi mampet. Selain menyebabkan RPM ini pun sulit mencapai maksimum pembersihan secara berkala.

 

  1. Turbo

Turbo yang ada di dalam mesin diesel ini memang sangat penting. Tentu saja tujuannya agar bisa mendongkrak torsi serta power mesin. Ada beberapa komponen turbo vane di dalam sistem kerjanya. Tentu saja tugasnya adalah menjaga katup untuk mengatur boosting udara dari turbo.  Menurut tips otomotif jika katup ini tertutup secara terus menerus. Maka sudah pasti aliran udara ke mesin pasti tertutup. Sehingga hal ini pun mengakibatkan mesin ini tidak mampu mencapai RPM maksimal. Meskipun gas ini sudah ditekan secara penuh. sama seperti transmisi. Jika terjadi hal ini maka tips otomotif menyarankan anda segera membawa mobil ke bengkel resmi terpercaya dan jika belum ada dana bisa dengan gadai bpkb mobil.

 

  1. Cengkaraman rem terlalu kuat

Nah, sistem rem memang harus memiliki cengkraman yang kuat bukan. Akan tetapi bagaimana jika memang cengkaraman ini terlalu kuat. Hal ini pun sudah pasti akan membuat mobil ini pun terasa berat. Menurut tips otomotif masalah ini terjadi pada rem jenis tromol. Yakni ketika penyetelannya ini terlalu kuat.  Maka tips otomotif yang bisa anda ambil ini hanyalah dengan cara menyetel ulang rem tromol. Yakni agar tidak terlalu mencengkram ban.

 

  1. Kampas kopling sudah menipis

Menurut tips otomotif untuk kampas kompling yang sudah menipis ini akan memiliki cengkaraman yang kurang kuat. Terutama pada flywheel, karena masalah mengganggu ini sebenarnya bisa terjadi transmisi manual atau otomatis. Akan tetapi dalam hal ini memang gejalanya pun berbeda. Maka dari itu mari kita fokus pada transmisi manual. Kampas kopling yang menipis ini sebenarnya membuat fungsi kampas ganda kopling menjadi selip sehingga tarikan mobil ini pun terasa berat. Terkadang di tambah gejala lain yakni seperti munculnya getaran di bawah mobil saat sedang berjalan. Anda maka sangat disarankan mengganti plat kopling mobil yang baru jika memang sudah menipis.

Tips Otomotif Untuk Mengatasi Mobil yang Tarikannya Berat

Nah, setelah ada sudah mengetahui apa saja penyebab tarikan mobil ini terasa berat. Maka tips otomotif yang terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan servis ke bengkel resmi mobil terdekat. Dalam hal ini jangan mencoba untuk memperbaiki sendiri. Terutama jika memang anda masih kurang berpengalaman dalam bidang mesin. Dengan menyerahkan kepada ahlinya, maka untuk pengecekan secara detail ini sehingga dapat diketahui penyebab dan dapat dilakukan perbaikan secepatnya. Yakni anda bisa mencoba tips otomotif dengan menyerahkan kepada bengkel resmi. Jangan lupa anda juga memperhatikan penggunaan bahan bakar. selain itu anda juga harus pastikan untuk menghindari mengisi bahan bakar mobil yang memiliki okta rendah. Karena akan mampu menciptakan pembakaran yang tidak sempurna di dalam mesin. Bahan bakar oktan yang rendah ini akan menimbulkan kerak pada mesin. Maka sebagai solusi terbaik, di kutip dari tips otomotif ini pilih bahan bakat yang memiliki oktan tinggi sesuai dengan saran para ahli servis.

 

0 Komentar

Stay Connected