PHONE : 081223778980 / FAX : 081223778980 admin@value.id WORKS : SAB 08.00-17.00 WIB :
JENIS DAN KESALAHAN DALAM GADAI BPKB

JENIS DAN KESALAHAN DALAM GADAI BPKB

gadai BPKB

JENIS DAN KESALAHAN DALAM GADAI BPKB

Apakah anda ingin melakukan gadai BPKB? Penting untuk anda mengetahui tips, jenis da juga risiko dalam melakukannya. Simak lebih lengkap di artikel ini!

Gadai BPKB – Saat kita membutuhkan uang, salah satu hal yang bisa kita andalkan saat ini adalah BPKB. Bukti kepemilikan kendaraan bermotor ini bisa kita jadikan jaminan dalam melakukan hutang. Dalam melakukan peminjaman sendiri kita pun juga akan di hadapkan akan 2 jenis pinjaman. Dimana ada dengan pinjaman kredit tanpa agunan atau pinjaman kredit multiguna. Dan tahukah anda dari kedua jenis pinjaman tersebut ternyata pinjaman kredit multiguna lebih banyak di pilih.

Untuk melakukan gadai BPKB sendiri saat ini bisa anda lakukan dengan mudah sekali. Tak lain karena saat ini memang sudah banyak sekali lembaga yang menyediakan pelayanan ini. Namun dengan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan gadai BPKB, ada beberapa hal yang harus anda jadikan pertimbangan juga. Dengan tujuan agar anda bisa melakukan gadai dengan hasil terbaik dan juga maksimal.

Tips Dalam Gadai BPKB Yang Wajib Anda Ketahui!

Ada beberapa tips yang sebaiknya anda jadikan pertimbangan dalam melakukan gadai BPKB, Adapun diantaranya adalah berikut ini:

  1. Mempersiapkan dokumen lengkap

Sebaiknya sebelum datang ke tempat tersebut, anda pun sebaiknya mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

  • KTP
  • KK
  • STNK
  • BPKB Asli

Setelah itu siapkan juga kendaraan sesuai dengan BPKB yang akan anda jadikan jaminan. Karena kondisi kendaraan pun akan di cek oleh pihak lembaga yang anda hutangi.

 

  1. Tentukan tempat gadai

Langkah selanjutnya adalah memastikan tempat gadai yang tepat agar kendaraan anda bisa dihargai dengan nilai yang tinggi. Tentu saja pilihan tempat gadai pun juga banyak sekali. Yang mana da dengan BANK, PT pegadaian, dan masih banyak lagi.  Pastikan dalam memilih tempat gadai pun sudah memiliki legalitas. Karena jika anda memilih tepat yang ilegal maka akan merugikan anda sendiri.

 

  1. Pastikan memilih kisaran bunga terkecil

Saat anda melakukan gadai BPKB sangat disarankan untuk anda memilih jasa gadai yang memiliki suku bunga rendah dan juga jumlah dana yang bisa di pinjamkan besar. Ada beberapa golongan suku bunga namun semua di sesuaikan juga dengan pinjamannya. Adapun:

  • Golongan A – 0,75 % untuk tenor 15 hari berkisar pada pinjaman 50 – 500 ribu.
  • Golongan B – 1,15 % untuk tenor 15 hari berkisar pada pinjaman 550 ribu – 5juta
  • Golongan C – 1,5 % untuk tenor 15 hari berkisar pada pinjaman 5 – 20 juta
  • Golongan D – 1% untuk tenor 15 hari berkisar pada pinjaman 30 juta ke atas.

 

  1. Perhatikan apa saja ketentuan dalam pinjaman

Selanjutnya dalam melakukan gadai BPKB anda juga perlu mengetahui ketentuan apa saja yang harus dipenuhi dalam proses peminjaman. Jangan sampai informasi yang anda dapatkan tidak jelas karena ini dapat merugikan anda sendiri. Jadi pastikan anda ketahui syarat-syarat peminjaman dengan baik.

Yuk Ketahui Jenis-Jenis Gadai BPKB!

Ada beberapa jenis pinjaman dengan cara gadai BPKB. Adapun beberapa jenis pinjaman yang di sediaan penggadaian adalah berikut ini.

  1. Gadai konversional atau kredit cepat dan aman

Tahukah anda jika gadai ini memiliki prosedur yang paling mudah. Bukan hal yang asing jika masyarakat pun banyak yang memilih jenis gadai ini. Untuk syarat yang di gunakan pun cukup murah. Anda bisa membawa sarat serta menyerahkan motor juga syarat-syarat aslinya. Sistem gadai yang satu ini bisa diperpanjang sampai dengan empat bulan. Caranya ialah mengangsur sebagian pinjaman atau melakukan gadai ulang dengan cara sewa modal.

 

  1. Pinjaman KKREASI

Pinjaman ini diberikan khusus untuk pada pelaku UMKM atau usaha kecil dan menengah. Dimana sistem pinjaman dengan hanya meminjamkan BPKB motor untuk kegiatan dalam usaha. Dimana pinjaman ini juga cukup banyak di pilih karena memang mudah. Bahkan syarat yang di butuhkan juga tidak banyak dan tidak ribet.

 

  1. Gadai syariah atau RAHN

Untuk gadai ini mengacu pada sistem administrasi modern. Untuk anda yang menggunakan prosedur ini maka anda bisa melakukan administrasi dibayar di muka dalam bentuk syaiah. Untuk nilai transaksi sendiri mulai dari 2 ribu hingga 100 ribu tergantung dengan jumlah pinjaman yang akan diajukan.

 

  1. ARRUM

Untuk sistem gadai ini di berikan khusus kepada pengusaha mikro dan kecil dengan prinsip syariah. Dalam proses gadai BPKB dengan jenis ini bisa di lakukan dengan cepat juga.

Nah itulah beberapa jenis gadai BPKB yang dapat anda ketahui, cepat dan lambatnya proses gadai sangat di tentukan dari jenisnya. Tak lain karena sistem yang di gunakan dari setiap jenis juga akan berbeda-beda.

Apa Kesalahan Dalam Melakukan Gadai BPKB?

Berikut ini ada beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan gadai BPKB. Adapun diantaranya adalah:

  1. Tidak melakukan survey

Kebanyakan nasabah sangat suka jika proses peminjaman tidak di lakukan survey. Namun hal ini sebaiknya dijadikan pertimbangan terlebih dahulu. Layanan jasa yang tidak melakukan survey perlu sekali untuk diwaspadai. Karena ini memiliki risiko yang sangat tinggi. Seorang surveyor yang tidak melakukan survey kemungkinan besar memiliki masalah dengan BANK di tempat mereka kerja. Bila saja ada masalah maka anda pun juga akan kena imbasnya.

 

  1. Promo pencarian dana hingga 90%

Jangan sampai anda hanya terkecoh dengan bahasa promosi saja. Walaupun kita tahu jika promosi memang tidak ada yang buruk. Namun justru hal ini bisa merugikan anda sendiri. Namun pencairan dana 90% sendiri sebenarnya cukup terbatas karena biasanya berkaitan dengan tenor, kondisi kendaraan, domisili nasabah dan lain sebagainya. Oleh karena itu tidak heran bila hal ini masih menjadi pertimbangan oleh pihak bank dalam gadai BPKB.

 

 

  1. Meminjam bukan berdasarkan kebutuhan

Yang juga sering terjadi adalah proses peminjaman yang mana tidak sesuai dengan kebutuhan. Karena tidak sesuai dengan yang mereka butuhkan, maka dalam proses cicilan pun juga akan keberatan. Memberikan kemungkinan juga cicilan pun akan membengkak dan membuat peminjam tidak bisa melunasi nya.

 

 

  1. Menggadaikan fisik kendaraan bukan BPKB

Yang juga sering dialami oleh nasabah sehingga mereka merasa rugi ialah menggadaikan fisik kendaraan bukan lagi BPKB. Walaupun ini sudah menjadi ha yang umum. Namun perlu diwaspadai juga. Anda wajib memperhatikan kredibilitas dari layanan tersebut. Bayangkan saja jika anda mengambil kendaraan anda ternyata kondisi kendaraan sudah rusak. Tentu saja ini merugikan anda sendiri.

 

  1. Layanan gadai BPKB online

Yang sebaiknya diperhatikan dalam melakukan gadai BPKB ialah tidak melakukan gadai BPKB dengan layanan online. Jika saja anda melakukan gadai online, perlu anda pastikan juga bila layanan pun memiliki kredibilitas baik dan juga sudah banyak di kenal.

Itulah beberapa ulasan yang bisa anda ketahui terkait dengan gadai BPKB. Jangan sampai anda hanya tergiur dengan tawaran-tawaran menariknya saja supaya anda tidak dirugikan.

0 Komentar

Stay Connected